Pengertian Kutipan, Daftar Pustaka dan Abstrak

By Chaca Atmika - Sunday, January 15, 2012

Kutipan


Pengertian Kutipan :

Kutipan adalah salinan kalimat, paragraph atau pendapat dari seorang pengarang atau ucapan orang terkenal karena keahliannya, baik yang terdapat dalam buku, jurnal baik yang melalui media cetak maupun elektronik.

 

Cara Membuat Kutipan :

  1. Mengutip langsung, yaitu bentuk kutipan yang dilakukan secara langsung. Apabila menggunakan kutipan secara langsung, tidak diperkenankan mengubah atau memberikan tambahan pada naskah kutipan asli. Untuk mempermudah, gunakan tanda sic, yaitu diawali dengan tanda " dan diakhiri dengan tanda kutip ( " .. " ). Gunakan tiga titik berspasi ( . . . ) apabila ada bagian yang dihilangkan.
  2. Mengutip tidak langsung, yaitu bentuk kutipan yang dilakukan secara tidak langsung. Kutipan tidak langsung terintegrasi dengan teks, diberi jarak antar baris yang sama dengan teks dengan tidak memberikan tanda kutip dan pada bagian depan atau belakangnya dicantumkan sumber kutipan.
 

Daftar Pustaka


Pengertian Daftar Pustaka :

Daftar Pustaka adalah daftar yang mencantumkan judul buku, nama pengarang, penerbit dan sebagainya yang ditempatkan pada bagian akhir suatu karangan atau buku dan disusun berdasarkan abjad.

Jenis-Jenis Daftar Pustaka :


1. Kelompok Textbook :

  • Penulisan perorangan.
  • Kumpulan karangan beberapa penulis dengan editor.
  • Buku yang ditulis atau dibuat oleh lembaga.
  • Buku terjemahan.

2. Kelompok Jurnal :

  • Artikel yang disusun oleh penulis.
  • Artikel yang disusun oleh lembaga.
  • Kelompok makalah yang dipresentasikan dalam seminar / konferensi / simposium.
3. Kelompok disertasi atau tesis.
4. Kelompok makalah atau informasi dari internet.

Cara Membuat Daftar Pustaka :

  1. Tulis nama akhir penulis buku, inisial nama depan jika sumber makalah didapat dari buku.
  2. Tulis tahun penerbitan buku tersebut.
  3. Tulis judul buku yang menjadi sumber materi diambil, nomor buku.
  4. Tulis nama penerbit buku tersebut dan nama kota penerbit.
  5. Tulis halaman buku.

Abstrak


Pengertian Abstrak :

Abstrak adalah bentuk ringkas dari isi suatu dokumen yang terdiri atas bagian-bagian penting dari suatu tulisan dan mendeskripsikan isi dan cakupan dari tulisan.

Cara Membuat Abstrak :


  1. Secara garis besar abstrak memuat latar belakang, metode yang digunakan, boleh memuat hasil akhir ( angka atau persamaan yang diperoleh ) dan kesimpulan.
  2. Untuk membuat abstrak, perlu pemahaman terhadap tulisan ( laporan ) yang telah dibuat, harus mengetahui arah penelitian tersebut.
  3. Cari kalimat yang mewakili latar belakang, metode penelitian, hasil dan kesimpulan. 

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar