Menu-Menu pada Compiere :
- Application Dictionary
- General Rules, merupakan menu yang menampilkan peraturan umum dalam penggunaan dari system yang ada, sehingga akan memudahkan user dalam mengetahui batasan-batasan dalam system yang ada dalam perusahaan.
- Quote-to-invoice, adalah modul untuk menjalankan proses penjualan, pembuatan penawaran ke pelanggan, serta melakukan penagihan pembayaran.
- Requisition-to-invoice, berfungsi untuk mengendalikan proses pembelian barang, penjadwalan hutang, serta mengatur pembayaran ke pemasok.
- Open items
- Material Management, yaitu menu untuk membuat customer shipment dalam tumpukan atau individu per order dan membandingkannya dengan Purchase Order atau Vendor Invoice.
- Partner Relations, yaitu menu yang menghubungkan beberapa client di mana masing-masing client melakukan distribusi management dan request data.
- Project Management, merupakan menu yang memungkinkan sistem melakukan analisis dan perencanaan kegiatan atau pembangunan dengan control yang efektif secara akuntansi.
- Performance Analysis, menjelaskan tentang Pembayaran dan dimensi Akuntansi dalam suatu aplikasi, dalam sistem tradisional kita mengenalnya dengan sebutan Neraca dan Jurnal Umum yang terhubung dengan pemasukkan data akuntansi dalam compiere.
- Service, menu-menu yang menampilkan layanan purna jual di dalam perusahaan.
- Assets, yaitu menu yang berisi table isian asset yang akan dicatat ke dalam sistem.
Toolbar-Toolbar pada Compiere dan Kegunaannya Masing-Masing :
- Undo changes
- Help, untuk menampilkan window help.
- Save changes
- Requery
- Lookup record
- Record comments
- Grid toggle, menampilkan seluruh database yang berupa table.
- Report, menampilkan report yang sudah terdapat data input.
- Print, digunakan untuk mencetak laporan dalam bentuk hasil cetakkan kertas.
- Zoom across, menampilkan tampilan window zoom untuk mengganti data.
- Active workflows
- Archieved document, mengambil data berupa dokumen.
- Check request
- Exit window
Pengertian
Bisnis Partner pada Compiere :
yaitu suatu
entity (badan/pihak) yang melakukan bisnis dengan perusahaan.
Tab pada Bisnis
Partner :
Business
Partner, Customer, Customer Accounting,
Vendor, Vendor Accounting, Employee, Employee Accounting, Bank Account,
Location, Contact (User), Interest Area dan Withholding.
Pengertian
Product pada Compiere :
adalah sesuatu
yang anada jual dan/atau beli atau sesuatu yang anda simpan dan mempunyai suatu
harga.
Tab pada Product
:
· Bill of
Material,
· Tab Subtitute,
untuk memasukkan informasi substitusi (pengganti).
· Tab Purchasing,
untuk masuk ke dalam informasi pembelian produk.
· Tab Costing,
untuk memasukkan informasi costing.
· Accounting,
untuk memasukkan informasi akuntansi.
· Transaction,
untuk menampilkan transaksi.
Langkah-Langkah
untuk Menambah Data atau Record pada Bisnis Partner :
Menggunakan
zoom dengan klik kanan kita dapat mengambil pilihan lain seperti new record.
Pengertian
Sales Order pada Compiere :
merupakan
modul untuk mengelola penjualan dari suatu pemesanan. Sales Order dikatakan
memenuhi yaitu jika jumlah pesanan sama dengan jumlah yang dikirimkan dan juga
jumlah faktur.
Tab-Tab
pada Sales Order :
· Tab Order,
mendefinisikan parameter-parameter dari order.
· Tab Order Line,
untuk memasukkan baris informasi untuk order.
· Tab Tax, untuk
menampilkan informasi pajak untuk baris order yang dipilih.
Langkah-Langkah
Proses Pembuatan Sales Order :
Cara 1 :
menggunakan zoom dengan klik kanan juga kita dapat mengambil pilihan lain
seperti new record dan juga update.
Cara 2 : Untuk mencari sales order ketik “Sales
Orders” pada kotak input yang berada di sebelah kanan bawah,
kemudian tekan enter.
1 komentar
thanks buat postingannya, izin co-pas y buat LA labsi..
ReplyDelete