Pengertian Compiere

By Chaca Atmika - Sunday, October 28, 2012

Menu-Menu pada Compiere :

  • Application Dictionary
  • General Rules, merupakan menu yang menampilkan peraturan umum dalam penggunaan dari system yang ada, sehingga akan memudahkan user dalam mengetahui batasan-batasan dalam system yang ada dalam perusahaan.
  • Quote-to-invoice, adalah modul untuk menjalankan proses penjualan, pembuatan penawaran ke pelanggan, serta melakukan penagihan pembayaran.
  • Requisition-to-invoice, berfungsi untuk mengendalikan proses pembelian barang, penjadwalan hutang, serta mengatur pembayaran ke pemasok.
  • Open items
  • Material Management, yaitu menu untuk membuat customer shipment dalam tumpukan atau individu per order dan membandingkannya dengan Purchase Order atau Vendor Invoice.
  • Partner Relations, yaitu menu yang menghubungkan beberapa client di mana masing-masing client melakukan distribusi management dan request data.
  • Project Management, merupakan menu yang memungkinkan sistem melakukan analisis dan perencanaan kegiatan atau pembangunan dengan control yang efektif secara akuntansi.
  • Performance Analysis, menjelaskan tentang Pembayaran dan dimensi Akuntansi dalam suatu aplikasi, dalam sistem tradisional kita mengenalnya dengan sebutan Neraca dan Jurnal Umum yang terhubung dengan pemasukkan data akuntansi dalam compiere.
  • Service, menu-menu yang menampilkan layanan purna jual di dalam perusahaan.
  • Assets, yaitu menu yang berisi table isian asset yang akan dicatat ke dalam sistem.

Toolbar-Toolbar pada Compiere dan Kegunaannya Masing-Masing :

  • Undo changes
  •  Help, untuk menampilkan window help.
  • Save changes
  •  Requery
  •  Lookup record
  •  Record comments
  •  Grid toggle, menampilkan seluruh database yang berupa table.
  • Report, menampilkan report yang sudah terdapat data input.
  • Print, digunakan untuk mencetak laporan dalam bentuk hasil cetakkan kertas.
  • Zoom across, menampilkan tampilan window zoom untuk mengganti data.
  • Active workflows
  • Archieved document, mengambil data berupa dokumen.
  • Check request
  • Exit window 


Pengertian Bisnis Partner pada Compiere :

yaitu suatu entity (badan/pihak) yang melakukan bisnis dengan perusahaan.

Tab pada Bisnis Partner :

Business Partner,  Customer, Customer Accounting, Vendor, Vendor Accounting, Employee, Employee Accounting, Bank Account, Location, Contact (User), Interest Area dan Withholding.

Pengertian Product pada Compiere :

adalah sesuatu yang anada jual dan/atau beli atau sesuatu yang anda simpan dan mempunyai suatu harga.

Tab pada Product :

·       Bill of Material,
·       Tab Subtitute, untuk memasukkan informasi substitusi (pengganti).
·       Tab Purchasing, untuk masuk ke dalam informasi pembelian produk.
·       Tab Costing, untuk memasukkan informasi costing.
·       Accounting, untuk memasukkan informasi akuntansi.
·       Transaction, untuk menampilkan transaksi.

Langkah-Langkah untuk Menambah Data atau Record pada Bisnis Partner :

Menggunakan zoom dengan klik kanan kita dapat mengambil pilihan lain seperti new record.

Pengertian Sales Order pada Compiere :

merupakan modul untuk mengelola penjualan dari suatu pemesanan. Sales Order dikatakan memenuhi yaitu jika jumlah pesanan sama dengan jumlah yang dikirimkan dan juga jumlah faktur.

Tab-Tab pada Sales Order :

·       Tab Order, mendefinisikan parameter-parameter dari order.
·       Tab Order Line, untuk memasukkan baris informasi untuk order.
·       Tab Tax, untuk menampilkan informasi pajak untuk baris order yang dipilih.

Langkah-Langkah Proses Pembuatan Sales Order :

Cara 1 : menggunakan zoom dengan klik kanan juga kita dapat mengambil pilihan lain seperti new record dan juga update.
Cara 2 : Untuk mencari sales order ketik “Sales Orders” pada kotak input yang berada di sebelah kanan bawah, kemudian tekan enter.

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. thanks buat postingannya, izin co-pas y buat LA labsi..

    ReplyDelete