Transformasi dua dimensi adalah suatu model atau bentuk atau teknik-teknik memindahkan atau mengubah nilai posisi objek dalam sistem koordinat dua dimensi. Pemindahan objek ini dapat diartikan sebagai pemindahan titik.
Ada dua cara yang dapat digunakan untuk mentransformasi gambar yaitu :
· Transformasi objek
Definisinya adalah mengubah koordinat-koordinat dari tiap-tiap titik di objek dengan beberapa aturan, meninggalkan underlying system koordinat yang tidak bisa di ubah lagi.
· Transformasi koordinat
Definisinya adalah system koordinat yang baru di buat sebelumnya merupakan semua titik objek dalam system yang baru.
OpenGL adalah interface (library) untuk software dalam berinteraksi dengan graphic hardware.
Menggambar bentuk Geometrik openGL :
· Di mulai dengan glBegin(nama bentuk);
· Diakhiri dengan glEnd();
Contoh :
glBegin( GL_QUADS);
glColor3f( 1.0, 1.0, 0.0 );
glVertex3f(-1.0f, 1.0f, -10.0 f );
glColor3f( 0.0, 1.0, 0.0 );
glVertex3f( 1.0f,1.0f, -10.0f );
glColor3f( 1.0, 1.0, 0.0 );
glVertex3f(1.0f, -1.0f, -10.0 f );
glColor3f( 1.0, 0.0, 0.0 );
glVertex3f(-1.0f, -1.0f, -10.0f );
glEnd();
Matrik Transformasi 2 Dimensi :
· Matrik transformasi adalah matrik yang membuat sebuah obyek mengalami perubahan baik berupa perubahan posisi, maupun perubahan ukuran.
· Matrik transformasi 2D dinyatakan dalam ukuran 3x3, dimana kolom ke-3 digunakan untuk menyediakan tempat untuk proses translasi.
Translasi
Bentuk umum :
· glTranslatef(x,y,z)
· glTranslated(x,y,z)
glVertex3f(1.0f, -1.0f, -10.0 f );
glColor3f( 1.0, 0.0, 0.0 );
glVertex3f(-1.0f, -1.0f, -10.0f );
glEnd();
Rotasi
Bentuk umum nya :
- glRotatef(sudut,sx,sy,sz);
0 komentar