Pengertian Open Office :
- Open Office , adalah aplikasi perangkat lunak perkantoran untuk pengolah data ( word processor ), lembar kerja ( spread sheet ), presentasi, ilustrasi vektor dan gudang data ( data base ) dan bersifat Open Source yang dapat diperoleh secara gratis. Aplikasi ini juga tersedia dalam banyak bahasa dan bekerja pada semua komputer pada umumnya.
Macam-macam Open Office :
- Open Office Writter , digunakan untuk pengolahan kata dan membuat dokumen.
- Open Office Impress , digunakan untuk membuat presentasi.
- Open Office Math , berperan sebagai penyunting bentuk formula dan rumus.
- Open Office Base , untuk membuat data base.
- Open Office Calc , suatu software spreadsheet (lembar kerja ) yang memungkinkan untuk melakukan input & memanipulasi sel data ( data cell ) yang terorganisasi dalam baris & kolom, membuat daftar memelihara record dan menganalisa data, digunakan untuk mengevaluasi dan merevisi data, perhitungan dan perbandingan.
- Open Office Draw , untuk menggambar suatu ilustrasi vektor.
Perbedaan Open Office dengan Ms. Word :
- Templates tool ada pada menu file.
- Table ada di menu insert dari pada ada di main menu.
- The label wizard ada di dalam file new tidak seperti label fitur pada Ms. Word.
- Word count ada di dalam file properties.
- Collaboration tools ada pada menu edit.
- Kesederhanaan fitur.
- Membuat file PDF.
Pengertian Mail Marge dan Auto Correct:
- Mail Marge , yaitu surat masal yang merupakan sebuah fasilitas dari word untuk mengirim kepada beberapa orang sekaligus dari suatu sumber surat. Secara teknis, dibutuhkan 2 buah file untuk mengolah. Yang pertama adalah isi surat tersebut sedangkan yang lainnya adalah data kepada surat tersebut dikirimkan kemudian pada proses pengiriman kedua file tersebut digabung .
- Auto Correct , yaitu program yang digunakan untuk membenarkan ketikan yang salah secara otomatis.
Langkah-Langkah Membuat Mail Marge :
- Membuat surat atau dokumen utama.
- Buka menu tools --> letters and malings , kemudian muncul mail marge.
- Pilih letters pada type document.
- Lalu klik starting document.
- Pilih use the current document.
- Klik next step : Select recipients.
- Selanjutnya kita memasukkan data dalam bentuk tabel yang terdiri dari nama yang dituju dan alamat surat, dll.
- Setelah database masuk, pilih step write to letter.
- Pilih more item, akan muncul jendela berisi judul dari file data.
- Pilih sesuai yang dibutuhkan lalu OK.
- Hasil pada surat akan terlihat alamat surat lalu next preview your letter pada step akan tampak data-datanya.
- Untuk pindah ke data selanjutnya cukup tekan preview your letter dengan tombol panah kanan dan kiri.
- Untuk recipient itu menunjukkan posisi record yang dibaca.
- Untuk mengakhiri tekan step complete.
Pengertian Hlook Up & Vlook Up :
- Hlook Up , yaitu pembacaan tabel data yang disusun secara horizontal / mendatar.
Caranya :
Klik baris tabel yang kita ingin baca.
Masukkan rumus Hlook Up (look up_value.tabel_array)
- Vlook Up , yaitu pembacaan tabel data yang disusun secara vertikal.
Caranya :
Klik baris tabel yang kita ingin lihat.
Masukkan rumus Vlook up (look up_value.tabel_array)
Pengertian Chart :
- Chart , yaitu suatu grafik / diagram yang menampilkan data / hubungan antar data, kumpulan data yang ditampilkan dalam bentuk gambar.
Simbol yang Ada pada Chart :
- Lines , suatu gambar / bagan yang ditampilkan dalam bentuk garis.
- Areas , suatu gambar / bagan yang ditampilkan dalam bentuk grafik area.
- Columns , suatu gambar / bagan yang ditampilkan dalam bentuk diagram batang.
- Bars , suatu gambar / bagan yang ditampilkan dalam bentuk diagram batang menyamping.
- Pies , suatu gambar / bagan yang ditampilkan dalam bentuk diagram lingkaran.
- XY Chart , suatu gambar / bagan yang ditampilkan dalam bentuk persamaan garis x,y ( seperti persamaan garis dalam matematika ).
- Net , suatu gambar / bagan yang ditampilkan dalam bentuk titik-titik kecil.
- Stock Chart , suatu gambar / bagan yang ditampilkan dalam bentuk seperti radar.
Cara Membuat Chart pada Calc :
- Select data yang ingin kita buat chart.
- Klik Insert lalu klik Chart.
- Pilih Chart type yang kita inginkan.
- Pilih data rangenya lalu next.
- Tentukan data dari masing-masing kategori data.
- Masukkan data elemen, seperti judul, sub judul , dll.
- Kemudian klik Finish.
0 komentar